Thursday, January 29, 2009

Dunia Maya, Duniaku, Sahabatku


di mupltiply ini, saya punya teman yang istimewa. meski kami tinggal di negara yang berbeda dan hanya kenal satu sama lain lewat foto, tapi saya merasa sangat dekat dengannya. saya tidak ingat siapa yang meng-invite duluan, saya atau dia. yang saya ingat, saya selalu tertarik membaca postingan-postingannya, kadang ikut mengomentari.


terus terang saya kadang mengagumi pemikiran-pemikiran teman saya ini tentang berbagai persoalan yang ia tuliskan di mpnya. tulisannya sering menggelitik bahkan membuat saya tercenung dan merenung beberapa saat setelah membacanya. rasa kekaguman itulah yang mendorong saya untuk berkirim surat dan mengirimkan bingkisan kecil untuknya, tanpa memberitahunya terlebih dahulu. ceritanya mau bikin surprise. persahabatan kami jadi makin erat dan hangat. saya selalu menyempatkan membaca postingan-postingannya, meski kadang ada yang terlewat karena sudah ketumpuk dengan postingan-postingan mper lain yang ada di kontak saya.

tapi sebenarnya, ada yang membuat saya bukan hanya kagum tapi salut dengan sahabat saya ini. yaitu semangatnya untuk menjaga silaturahmi teman-teman di kontaknya yang kebanyakan berasal dari negara lain dan besar kemungkinan banyak yang belum ia jumpai secara langsung. caranya dengan apa? sederhana saja. ia rajin mengirimkan salam dan pesan di guestbook kontak-kontaknya, termasuk saya. pastilah untuk melakukannya, sahabat saya ini meluangkan waktu untuk membuat pesan, mengcopas cssnya dan mengklik kontak-kontaknya. padahal saya tahu, sahabat saya ini juga bukan orang rumahan dan seorang pekerja yang kadang sangat sibuk dengan tugas-tugasnya. tapi ia sempat melakukan itu semua, sekedar mengucapkan salam dan menyampaikan pesan-pesan yang baik ... subhanallah.

dari sahabat saya ini, saya belajar tentang hal sederhana tetapi kadang banyak orang yang begitu berat melakukannya, yaitu silaturahmi meski cuma di dunia maya seperti multiply ini. dimana mungkin kita tidak pernah saling kenal atau bertemu sahabat-sahabat kita secara langsung. dari sahabat saya ini pula saya belajar, untuk tidak dengan mudah mendelete kontak, kecuali memang kontak yang bersangkutan sudah berbuat hal yang tidak menyenangkan. saya bukan hanya mendelete-nya tapi langsung menggunakan fasilitas blocked user. biar bagaimanapun, ketika saya sudah menerima invite seseorang, berarti saya sudah menerimanya sebagai sahabat dan rasanya ada beban moral yang saya sandang. dunia maya, bukanlah dunia yang tanpa etika, tanpa rasa. sehingga saya lebih memilih untuk melihat isi blognya dulu, jika ada yang menginvite. jika sering diupdate dan isinya menarik buat saya, saya akan accept.

saya ingin sekali seperti sahabat saya itu, yang semangat menjaga silahturahmi terutama dengan kontak-kontak yang jauh. pelan-pelan sedang saya akan melakukannya, mudah-mudahan bisa menjadi ladang pahala kelak. amiin.

"Though miles may lie between us, we're never far apart, for friendship doesn't count the miles, it's measured by the heart."



22 comments:

  1. assalamualaikum mpok,
    mampiir aahhh dah lama kagak kemariih

    ReplyDelete
  2. kalau gak salah, dia kontak saya juga ya?

    ReplyDelete
  3. kau pasti melupakanku yah .... sibuk ape sih mpok, koq kagak pernah cerita-cerita lagi dimarih ....

    *btw, makasih ya TPI sekarang muter pilem india lagih ... hehehehe

    ReplyDelete
  4. kayaknya sih gitu, nice person, right?

    ReplyDelete
  5. yes of course, he he he. cuma kalau mau kopdar susah ya :D

    ReplyDelete
  6. Benar sekali. Persahabatan sememangnya merentas dunia realiti. Malah secara jujurnya saya sendiri-meski saya jarang sekali berhubung- merasakan lena antara sahabat yg terdekat dalam jaringan multiply ini.

    ReplyDelete
  7. aah akuh tidak mungkin melupakanmuh,
    iih baru ajah posting poto...

    8hadiah ultah TPI, jah dapet salam dari Kajol

    ReplyDelete
  8. bilang dunk, pilemnya jangan nyang entuh terus, pan pelem india banyak ... kalo kuch kuch hota hai boleh dah diulang ulang ...:)

    ReplyDelete
  9. terimakasih untuk persahabatannya, semoga ukhuwah kita tetap terjalin di sini ...

    ReplyDelete
  10. iyaaaakkkkkk baik nyah, nanti ijah sampein ke majikannyah yah :D :D :D

    ReplyDelete
  11. heheheh, nah gitu dunk, sapa sih majikannyah ...:)

    ReplyDelete
  12. aduh koq saya jadi perbincangan dimari yah ... :D

    ReplyDelete
  13. jadi tersandung niy mbak :D

    btw, boleh tahu ga siapa ybs ntuh, siapa tahu sy bisa nginvite jg en merasakan indah nya persaudaran spt mbak lena :)

    ReplyDelete
  14. yup, menjaga silaturahim membuka pintu rezki...

    ReplyDelete
  15. wow...siapa tuh? jadi pengen kenalan...

    ReplyDelete
  16. Ehm... I think I have a guess who she is sis :-)
    I'm glad we're in the same page :-)
    Semoga tali silahturahmi selalu terjaga

    ReplyDelete
  17. she is our best friend ...

    amiin ... buat doanya ...

    ReplyDelete
  18. Iya tuh mba.. Subhanallah tuh Orang... adam aja dikirimin mulu ma beliau :)
    bener..bener mengagumkan punya sahabat seperti beliau...

    ReplyDelete