Saturday, November 27, 2010

Merapi, Cerita Dibalik Layar


All my bags are packed, i am ready to go, sembari menutup resleting laptop yang bakal di bawa besok.  Ya, hari Senin (15 November 2010) saya
akhirnya jadi berangkat buat menjalankan amanah dari MP4 Palestine menjadi relawan traumatic healing anak-anak korban letusan gunung Merapi yang berada di pengungsian, bersama Kak Nop Nop.

Sebelum berangkat  keesokan harinya, rasanya sudah di check dan recheck
tidak ada barang yang tertinggal. Baru sadar di tengah jalan menuju meeting point deket Kampung Rambutan  bahwa charger laptop ketinggalan. Pantesan ... tas laptop koq tumben agak ringan yah, tapi waktu masih di rumah gak curiga ada yang ketinggalan. Walhasil, telpon ke rumah, minta tetangga pake motor nganterin charger laptop. Untungnya, Pak Maryadi yang bakal nganterin berbaik hati mau nungguin itu charger laptop datang ... tengkyu ya Pak ...



Alhamdulilllah hati pun tenang karena si charger sudah ditangan. Perjalanan hari itupun lancar sampai ke base camp relawan di Solo.
Tapi emang dasar pelupa kali yah. Ternyata ada barang kecil, yang
kelihatannya sepele tapi sangat penting, juga ketinggalan. Sisir !
Ironisnya, Nop Nop--kepala suku di MP4P--juga enggak bawa sisir. Katanya sih dia sengaja gak bawa sisir karena jemang arang nyisir. Jadilah selama
lima hari nyisir seadanya pake lima jari. Pertolongan baru datang ketika Lulu dan dedek Bilqis nyusul ke Solo dan membawakan kami sisir. So, baru hari Sabtu saya bisa nyisir dengan layak. Rasanya jadi pengen nyisir mulu ...




Selain insiden sisir dan charger. Insiden lainnya adalah pop mie. Jadi
ceritanya, buat antisipasi kalau laper di malam hari (karena seringkali baru tidur lewat tengah malam, buat persiapan ke pengungsian besok atau cuma ngobrol ngalor ngidul sama Nop Nop) saya beli pop mie. Suatu malam, karena agak laper,  saya seduh pop mie. Semua bumbu sudah masuk. Tapi begitu dimakan, rasanya koq aneh yah, enggak seenak yang pernah saya makan dulu.



Menghibur diri, saya mikir mungkin rasa pop mienya beda, jadi rasanya rada aneh. Tapi, ketika pop mie dalam kemasan sudah setengah saya lahap,
garpu plastik yang gunakan terasa menyentuh benda aneh di dalam kuahnya.  Apaan yah ? sambil saya aduk-aduk untuk mencari benda itu. Begitu ke angkat, benda itu adalah..... bungkusan bumbu minyaknya yang terrnyata keselip di dalem. Pantesan rasa pop mienya rada anyep, lah wong bumbu utamanya ketinggalan di dalem, masih dalam bungkusan plastik kecil ... mau dimasukin juga tanggung, pop mie nya dah mau abis, lanjutkan sajalah makannya ...



Sebetulnya masih ada cerita-cerita "kocak" lainnya selama seminggu jadi
relawan pengungsian Merapi. Tapi maaf gak bisa di-share di sini. Termasuk proses membantu penerjemahan yang rada unik. Di hari terakhir, saya membantu salah seorang dokter relawan, ceritanya jadi interpreter. Tapi nyatanya, saya juga butuh penerjemah, penerjemah bahasa Jawa karena saya enggak bisa bahasa Jawa, sementara ada pasien, umumnya yang lansia gak bisa bahasa Indonesia. Jadi, dari bahasa Jawa diterjemahkan ke bahasa Indonesia, baru diterjemahkan lagi ke bahasa Inggris biar dokternya ngerti ...


Tapi pengalaman seminggu bersama anak-anak dan para pengungsi Merapi sungguh berkesan. Makin banyak belajar tentang kehidupan, bertemu orang-orang baru yang menjadi sahabat-sahabat baru, membuat saya se
lalu teringat mereka dan mulai berpikir untuk jadi relawan profesional, ikut UNHCR (badan urusan pengungsi PBB)  misalnya .... bisa gak yah ....



4 comments:

  1. unhcr? bisa aja. coba daftar ke kantornya, di jalan mh thamrin, jakarta. dulu, aku sempat mau melamar sebagai volunteer di pbb, tapi tekadnya kurang bulat, ketika disodori negara tempat bakal ditugaskan. :D

    ReplyDelete
  2. hhmmm...gabung unhcr? boleh jga tuh :)

    ReplyDelete
  3. @mas tian ... ke negara yang penuh konflik dan serem yah ...:)
    @sams ... iya tapi mungkin kualifikasinya gak sembarangan ...

    ReplyDelete