Thursday, March 12, 2009

Misteri Friday the 13th

Sebagai seorang muslim, saya enggak percaya dengan klenik, mitos dan hal-hal yang berbau takhyul. Tapi tahun ini ternyata ada fenomena menarik di penanggalan Masehi. Ternyata sepanjang tahun 2009, kita akan menemukan tiga kali hari Jumat yang jatuh tepat pada tanggal 13, yaitu pada bulan Februari (liat deh di tanggalan, ada hari Jumat yang jatuhnya tepat tanggal 13), bulan Maret (hari ini bo!) dan nanti, pada bulan November (kalo gak percaya, cek ajah di tanggalan). Fenomena semacam ini kabarnya hanya terjadi setiap 11 tahun sekali.

Friday the 13th menjadi mitos usang yang dikaitkan dengan hari buruk yang membawa sial. Tidak jelas asal-usul munculnya mitos Friday the 13th yang diidetikkan dengan peristiwa yang serem-serem. Tapi mitos ini sudah ada sejak zaman pertengahan dan sampai sekarang masih banyak orang yang percaya dengan mitos Friday the 13th.  Mungkin dikaitkan juga dengan mitos angka 13 sebagai angka sial.  Makanya kita sering menemukan gedung-gedung yang menghindari angka 13. Gedung bertingkat misalnya, meniadakan lantai ke-13.

Ternyata banyak lho tokoh-tokoh dunia yang mengidap takut berlebihan sama angka 13. Presiden AS, Franklin D. Roosevelt misalnya, konon tidak pernah mau bepergian pada tanggal 13 dan tidak mau menerima tamu jika jumlah tamunya 13. Selain Roosevelt, Presiden Herbert Hoover dan Napoleon juga kabarnya phobia dengan angka 13. Beberapa restoran di Paris, kabarnya sampai rela membayar orang jika ada rombongan tamu yang datang dengan jumlah 13 orang. Orang yang dibayar itu, untuk menggenapkan jumlahnya menjadi 14 orang. Yang penting jumlahnya jangan 13.

Angka 13 dianggap angka "sial" karena posisinya setelah angka 12. Para pakar simbol angka mengatakan, angka 12 dianggap sebagai angka lengkap karena dalam satu tahun ada 12 bulan, kita juga mengenal ada 12 zodiak bintang, satu lusin jumlahnya juga 12. Belum lagi jika dikaitkan dengan mitos-mitos jaman kuno, misalnya dalam mitos Olimpus ada 12 dewa, dalam mitos Hercules ada 12 pesuruhnya dan masih banyak lagi mitos-mitos lainnya.

Orang yang phobia sama Friday the 13th disebut paraskavedekatriaphobia atau friggatriskaidekaphobia. Dan yang phobia sama angka 13 disebut Triskaidekaphobia.


Ada-ada aja yah ...

Yang jelas, I love Friday, karena besok ....



27 comments:

  1. tanggal segini jam segini akuh sakit perut, asam lambungnya lagi naik huhuhuhu

    ReplyDelete
  2. jangan lupa minum obat ya diana ... makannya jangan telat ....

    ReplyDelete
  3. jadi inget serial friday the 13th jaman baheula di tvri (klo ga salah)

    ReplyDelete
  4. hehehe, iyah, saya juga suka nonton film serial itu ...:)

    ReplyDelete
  5. i was born on 13th..but i have same lucks as persons who were born out from 13th... kekekekekekekekekek
    mitos..mitos....
    friday the 13th... will be weekend =P

    ReplyDelete
  6. eh.. sumprit.. eykeh baru tau.. kalok ini terjadi 11 taun sekali hehehehe..
    duluuuuuuuuu di RCTI ada pelem serialnya Friday the 13.. sayah suka nongtonnya... karena cakep bintang pelemnya.. *alah..*..

    ReplyDelete
  7. eh, beneran lho mba, tadi aku ada tamu, pas dia mo nulis tanggal di data yang aku kasih, eh, begitu tau sekarang tgl 13, dia nulisnya tgl 14 lho... heheheh

    ReplyDelete
  8. oh ya? berarti dia mengidap Triskaidekaphobia yah ...:)

    ReplyDelete
  9. aku juga baru nulis ttg mitos di mp, koks bisa sama ya? hehehe

    ReplyDelete
  10. mungkin aura kita lagi sama wiek ... :)

    ReplyDelete
  11. Mungkin ada hubungannya dengan kisah penangkapan dan pembantaian massal Knight Templars tahun 1307 ya mbak. konon tanggal 13 oktober 1307 itu hari Jum'at

    ReplyDelete
  12. indoneshian people juga infected dong...
    from RT(rukun tetangga) to hotels..no number 13, but 12A .wakakakakakakakaka

    ReplyDelete
  13. oh iya, sekarang jumat tanggal 13 ya? *jadi inget serial tv tentang benda antik yang dikutuk dan menimbulkan keanehan-keanehan. :D

    ReplyDelete
  14. Termasuk angka 13. aKu suka angka ganjil, krn Allah suka angka yg ganjil. Zikir aja 33x3, asmaul husna 99 dsb

    termasuk 13, angka ganjil. (kata orang 13 angka sial) Istriku lahir tgl 13feb malah beruntung ditaqdiirkan dpt suami yg baik, klu ngga mgkin cuma dpt gsm yg baik.

    aku jg lahir di angka ganjil yaitu 19 = jml huruf arab bacaan bismillah.Alhamdulillah, Allah memberiku nikmat/untung yg banyak seperti:pas butuh mobil ada yg anterin, kerja ssuai hoby, dpt istri yg baik yg mngizinkan suaminya mnikah lagi, dsb banyak deh nggak keitung

    ReplyDelete
  15. subhanallah ... alhamdulillah ya, dilimpahkan begitu banyak kebaikan ...

    ReplyDelete
  16. Mba Lena mau comment template nya hehe...lucu ih bunga-bunganya, suka :)

    ReplyDelete
  17. ga sial ah... this friday 13th is my big 30 :P

    ReplyDelete
  18. oh ya? baru nyadar juga sebelah rumahku bukan no 13 tapi 12A heuheuheu...

    ReplyDelete
  19. Met Milad ya .... semoga sukses selalu dan semua rencananya berjalan lancar ... ditunggu undangan ngupi-ngupinya ... :)

    ReplyDelete
  20. thanks mbak, aku juga seneng sama template ini, adem meski agak rame ...:)

    ReplyDelete
  21. suka tidak suka, memang masih banyak yah yang phobia angka 13 ...:)

    ReplyDelete