Sunday, November 29, 2009

Tragedi di Dalam Angkot

Yang namanya copet memang banyak akalnya dan bisa beroperasi di mana aja di angkot sekalipun. Selama dua bulan pindah kantor ke Cibubur dan jadi pelanggan setia angkot, saya mencatat dua tragedi kecopetan.

Yang pertama sekitar pertengahan bulan lalu, pulang kerja sekitar jam setengah enam sore, naik angkot jurusan Cileungsi-Kp. Rambutan dari Cibubur Junction. Penumpang dalam angkot cuma empat orang, termasuk saya, semuanya perempuan. Tiba-tiba mbak-mbak yang duduk tepat di belakang sopir panik sambil mengaduk-aduk tasnya. Dengan raut wajah bingung dan menahan tangis, si mbak tadi bilang dia kecopetan, hp dan dompetnya raib. Menurut ceritanya, disebelahnya tadi duduk seorang lelaki yang sibuk buka tutup jendela angkot. Setelah lelaki itu turun, hp dan dompetnya lenyap dari dalam tas.

Yang kedua, pengalaman teman sekantor hari ini yang berhasil lolos dari upaya pencopetan di angkot jurusan Kranggan-Kp Rambutan.. Ia berhasil menyelamatkan hp dan dompetnya yang sedang "diakali" seorang lelaki yang duduk mepet-mepet di sampingnya, padahal tempat duduk di angkot pagi tadi, kata teman saya, masih relatif kosong (jadi, ngapain juga duduk mepet mepet ke orang). Hampir sama modusnya dengan kasus pencopetan pertama, si "tangan jahil" tadi berpura-pura sibuk buka tutup jendela angkot, mengalihkan perhatian orang, sementara tangannya yang satu lagi (biasanya ditutupi tas atau koran) beroperasi ke tas teman saya itu.Teman saya merasa ada yang janggal dengan tasnya dan memergoki tangan si pencopet itu sedang berusaha menarik tali tempat hp-nya. Alhamdulillah, tindakan kriminal itu gagal dan seluruh isi tas teman saya masih lengkap dan utuh.

Saya jadi inget pengalaman sendiri beberapa tahun lalu, waktu naik angkot jurusan pasar minggu-Kp Melayu. Di dalam angkot yang relatif full penumpang, seorang lelaki yang duduk di depan saya minta tolong pada saya untuk membukakan jendela di belakang saya, gerah katanya. Tanpa curiga saya buka jendela. Untung jendelanya gampang dibuka dan saat itulah saya melihat tangan lelaki yang duduk di samping saya, mengambil hp yang saya simpan di bagian depan kantung tas saya. Kaget bercampur bingung, sudah pasti sampai saya sadar bahwa ada komplotan pencopet di angkot yang saya tumpangi. "Gila bener nih, copet. Tauk aja dimana gue nyimpen hp, secara tas yang gue pake banyak kantongnya di bagian depannya," dalem hati dengan perasaan mangkel dan setengah ngeri, takut komplotan copet itu nekad karena kepergok nyopet.

Dengan sok berani, saya cuma melototin tuh copet, sementara si copet melengos. Padahal mah, kalo dicopet juga saya enggak rugi-rugi amat, soalnya itu hp udah jadul dan jeleeek banget, baterenya juga sudah drop. Kalo dicopet, jadi dapet alesan buat beli yang baru ... hehehe. (btw, mungkin si copet tahu juga, hp gue hape jelek yang kalo dijual enggak ada harganya, jadi begitu kepergok langsung dia lepas tuh hp )

Anyway, Alhamdulillah hp jadul itu selamat dan saya juga selamat, karena tim pencopet itu turun begitu aksinya gatot (gagal total). Buat yang sering naek angkot, hati-hati kalo ada orang yang mencurigakan duduk mepet-mepet deket kita, trus pura-pura minta bukain jendela, baca koran dengan posisi ribet atau ada penumpang yang tiba-tiba heboh muntah atau ribut di dalam angkot. Itu semua kemungkinan besar modus operasi para pencopet untuk mengalihkan perhatian calon korbannya. Salam angkot-ers dan waspadalah ...!

8 comments:

  1. jadi bukan cuma di bus atau KRL yang super padat ya pencopet itu beraksi. di angkot yang mungil juga mereka bisa melancakan aksinya. satu kata kunci: pengalihan perhatian. jadi, tetap fokus pada barang-barang bawaan anda. :D

    ReplyDelete
  2. tetap dzikir, jangan ngelamun.... Allah menurunkan Malaikat-Nya untuk orang yang berdzikir.. saya punya pengalaman beberapa.. nanti kapan kapan ditulisin.. kalo sempet...

    ReplyDelete
  3. pernaaaaahhhhhhh di patas 9 hp baru hadiah ultah di copet. komplotannya baunyaakk bapak-bapak semua, rapih jali pake kemeja putiih. modusnya desek-desekin orang pas mau turun dari bis, jadi diribetin gitu deh kitanyah. huuh gag ada lagi naik patas.

    ReplyDelete
  4. hehehe, betul mas tian ... pikiran harus fokus ..

    ReplyDelete
  5. siap komandan ... komandan pernah kecopetan juga ?

    ReplyDelete
  6. emang tuh di, copet jaman sekarang sudah bermutasi, enggak serem dan kumel tapi rapi jali ...

    ReplyDelete
  7. Ibu juga pernah Len, kecopetan di angkot K02 jurusan Pondok Gede-Bekasi, saat itu ngga tau kalo angkot jurusan itu emang rawan copet, seingat widi yang yang duduk disebelah Ibu tuh anak muda pakaian rapi sambil bawa amplop coklat yang besa tuh... HP baru 2 minggu beli melayang deh...

    ReplyDelete
  8. Sepertinya keamanan di public transportation emang udah miris banget ya di Ind, saya beberapa kali memergoki copet juga di bus yogya, terutama jaur yang padat seperti jalur 10. Bahkan, sempet mau diancam segala sama tuh copet, abis kasian korbannya adalah ibu2 yang bawa uang berobat buat anaknya yang opnam..huhu tega amat tuh copet.

    sekarang setiap kali mau pulang, yang paling saya takutkan itu keamanan di kendaraan umum.

    ReplyDelete