Tuesday, November 17, 2009

Waktu Subuh Melindungi ... Terima Kasih Allah ...

menjelang adzan subuh ... tiba-tiba mendengar suara gaduh dan panik di luar kamar  "bangun ...! bangun ...! kebakaran ....!!!".

What! kebakaran ?!  terlonjak kaget dan langsung lompat dari tempat tidur. melongok dari jendela keluar rumah dan melihat nyala api di lampu jalanan yang berdempetan dengan tiang listrik persis di samping pager rumah.

Astagfirullahaladzim ... kenapa lagi sih, padahal baru dua hari yang lalu orang PLN ngebetulin itu lampu.

dengan satu gerakan reflek, sekring lampu rumah langsung diturunin. gelap gulita. adzan subuh sudah terdengar. nyari jilbab di tengah kegelapan. ngumpulin alat komunikasi sambil mikir letak tas berisi surat-surat penting yang musti diselamatkan lebih dulu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

muter nomor telpon 108, nanya dinas kebakaran. petugasnya bilang, telpon 113 buat dinas kebakaran. okeh!

muter nomer 113 .... ampyun... gak ada yang ngangkat.

lari ke kamar, ngambil buku notes kecil di tas, karena disitu ada nomor telpon PLN yang kemarin dihubungi. Nah, ini dia nomernya ....

tut ... tut ... tut ... nunggu telpon diangkat.

"halo, pagi ....."

"pagi pak .... PLN yah, mo ngadu pak. ada kebakaran. ehh .. maksudnya ... mau ngasih tahu pak, lampu jalanan di deket rumah saya ... (nyebutin lokasinya) kebakar ... " jadi ikut panik.

"mbak, coba telp ke 781 XXXXX ..." jawab petugas PLN kalem.

"hahh?!!! ... oh, baiklahhh .... " sambil nyatet nomornya. di luar, api di lampu jalan masih nyala ...

muter nomor lagi. tut .... tut .... tut .... gak ada yang ngangkat. puter lagi ... gak ada yang ngangkat ... puter lagi gak ada yang ngangkat .... innalillahi ... pada kemana sih orang-orang bagian layanan pengaduan .... sambil berdoa dalem hati, semoga apinya gak membesar ....

20 menit berlalu ...

walhasil .... sampe nyala api di lampu jalan itu mati sendiri, telp pengaduan enggak ada yang ngangkat juga. yah sutralah ... alhamdulillah ... Allah Swt masih melindungi. apinya padam sendiri, enggak merembet kemana-mana.

Masih was-was dan penasaran. Paginya, coba menghubungi PLN lagi ... saya ceritakan duduk perkaranya, kali ini dengan suara lebih tenang. Dan si petugas PLN bilang, "kalo soal lampu jalanan itu soal orang PU buu.... coba deh ibu hubungi dinas PU (pekerjaan umum) kelurahan atau kecamatan yah ..."

"ohhh, gitu yah ... baiklaahhh," jawab saya.

Meletakkan ganggang telepon sambil tarik napas. langsung kebayang bakal berurusan dengan birokrasi yang lemot dan bertele-tele, secara pernah pengalaman ngadepin orang birokrasi yang suka mem-ping-pong orang kalau rakyat ngadu ada persoalan. Duh .... enggak banget deh ah ...

Sekarang mo berangkat kerja dulu ... ntar siang mau coba menghubungi orang PU, pengen tahu, bakal direspon apa enggak, masih lemot dan bertele-tele apa enggak ya .........

7 comments:

  1. inna pernah mosting hal yang sama.
    lampu jalan depan rumah ngeluarin api..
    PLN bilang itu wewenang PU..

    huhuhu...giliran dah kebakarrrrr. ampun deh

    ReplyDelete
  2. Pernah kejadian juga dideket rumah.. Yg datang org PLN-nya, mungkin karena yg kebakar kabel listriknya kali ya..

    ReplyDelete
  3. syukurlah kebakarannya tidak merembet dan mati sendiri.
    ironis di negeri kita. jumlah "abdi negara" seabrek-abrek, tapi ujung tombak pelayanan masyarakat untuk urusan emergensi seperti itu, tak satu pun saat diperlukan.

    sepertinya, musti serba-menangani sendiri. buat apa ada negara, kalo gitu?

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah gag merembet

    geleng-geleng deh ma yg namanya jasa pelayanan umum bikinan "bapak-bapak" itu

    ReplyDelete
  5. klo PLN nya kebakaran kerjaan orang mana ya mbak? :D

    ReplyDelete
  6. mungkin dinas pemadam kebakaran yud ...:)

    ReplyDelete