Thursday, May 20, 2010

Film "Obama Anak Menteng", Adegan Salat Akan Disensor?

Film "Obama Anak Menteng" akan tayang di bioskop Indonesia bulan Juni mendatang. pembuat film masih ragu-ragu apakah adegan Obama salat bersama teman-temannya di SD Menteng akan disensor atau tidak, dengan alasan jika ditampilkan akan menimbulkan dampak yang luas ...

**** loh, kalau memang Obama dulu pernah salat memangnya kenapa ya, film... biografi bukannya harus jujur ... :)





Adegan Obama Sholat Dihilangkan

Yayat Suratmo
Published 05/17/2010 - 9:31 a.m. GMT

Film “Obama Anak Menteng” yang rencananya dirilis Juni 2010, sudah memasuki tahap syuting. Cerita film ini diambil dari novel berjudul sama karya Damien Dematra, namun tidak seperti novelnya, sejumlah adegan dalam film tersebut sengaja dihilangkan karena berbagai alasan.

Salah satu adegan yang dihilangkan adalah ketika Obama kecil melaksanakan sholat bersama teman-temannya. Hal itu diungkapkan Damien Dematra dalam konferensi pers film “Obama Anak Menteng” di SDN Besuki 01 Menteng, Senin (16/05/2010).

“Adegan Obama sholat sampai sekarang masih kita pertimbangkan, tapi kemungkinan besar tidak dipakai karena dampaknya bisa luas,” kata Damien seraya menambahkan bahwa pihaknya hanya ingin berkarya bukan untuk berpolemik.

Diakui Damien, dalam novelnya adegan itu memang ada. “Itu fakta, berdasarkan wawancara dan riset terhadap kawan-kawan sekelas Obama, tapi kami tetap harus berhati-hati dalam hal ini,” ujar Damien.

Isu Obama adalah seorang muslim memang sempat menjadi perdebatan di Amerika. Obama juga kerap diserang oleh lawan-lawan politiknya, terutama saat masa kampanye Presiden AS tahun 2008.

Film “Obama Anak Menteng” mengetengahkan cerita saat Obama kecil bersekolah di SDN 01 Besuki, Menteng. Meski hanya bersekolah kurang lebih sembilan bulan di sekolah tersebut, ternyata banyak cerita yang bisa digali dari keseharian Obama bersama teman-teman sekelasnya.

“Film ini bercerita tentang bulan-bulan terakhir Obama di Indonesia sebelum pindah ke Amerika, ini kisah tentang Obama dengan teman-temannya di SD Besuki. Sementara yang prekuel semasa Obama bersekolah di Asisi nanti saya juga kan luncurkan novelnya awal Juni,” ujar Damien.

Damien mengungkapkan tema besar film ini ada dua, yakni tentang harapan dan pluralisme. “Obama telah membuktikan kalau kita punya mimpi, semuanya bisa tercapai, sementara tentang pluralisme adalah mengangkat bagaimana Obama kecil hidup di lingkungan yang pluralis di sini,” kata Damien.

Kalau tidak ada halangan, film “Obama Anak Menteng” akan tayang di bioskop Indonesia mulai 17 Juni 2010, bertepatan dengan kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia.

sumber : dari sini


pic : Hasan Faruq Ali Pemeran Obama Kecil

10 comments:

  1. Jangankan Sholat..
    Kapan senyum pun harus disensor mbak..:)

    Btw, deuh segitunya Indonesia sama Obama..
    Padahal dah kasih apa beliau sama Indonesia yah..
    Eh satu lagi pas teroris kemarin dapat kan kty dihargai berapa ribu eh juta dollar gitu, uangnya ngucur ngga mbak ke Polri..

    ReplyDelete
  2. biarkan saja. yang shalat itu kan hasan, bukan obama. :P

    ReplyDelete
  3. Yang jadi obama kecil siapa sih? Cakep benget... Hehe...soal adegan shalat, yaah itu mmg dilematis...

    ReplyDelete
  4. kira kira nanti yg nonton banyak gk y

    ReplyDelete
  5. kira kira nanti yg nonton banyak gk y

    ReplyDelete
  6. loh...kalau itu pernah terjadi kenapa harus dihilangkan ya?

    ReplyDelete
  7. aku sih pengen nonton, pengen tahu se-propaganda apa film ini ... :)

    ReplyDelete
  8. hehehe ,,,, biasalah politiknya Amerika ...

    ReplyDelete
  9. Kalo adegan shalatx di edit film itu kehilangan kejujurannya.....Polemik yg inshallah positif bg islam di seluruh dunia....

    ReplyDelete