Thursday, June 14, 2012

Kerajinan Korea: Membuat Kotak Perhiasan Tradisional

Pekan ke-3: Membuat Kotak Perhiasan Tradisional Korea (함) , Part 1






Minggu ini, tingkat kesulitannya makin tinggi. Butuh ketelitian, kesabaran, ketrampilan tangan buat memotong dan menggunting, serta keakuratan mengukur pola agar menghasilkan bentuk kotak yang bagus dan rapi.


Sejak jaman kerajaan hingga sekarang,  kotak-kotak ini biasa digunakan sebagai wadah antaran pernikahan, yang dihias dengan kertas tradisional khas Korea yang disebut Hanji.  

Sekedar berbagi cerita, ternyata orang-orang Korea juga menganut tradisi yang hampir serupa dengan tradisi Jawa, dalam prosesi pernikahan. Jaman dulu, pernikahan biasanya dilakukan atas dasar perjodohan oleh orang tua. Dengan bantuan Shaman (cenayang), yang akan membuat perhitungan berdasarkan tanggal, bulan dan tahun lahir kedua calon mempelai, untuk memastikan bahwa kedua pasangan memang berjodoh dan akan mendapatkan kehidupan yang baik dalam rumah tangganya. Perhitungan ini disebut Sajupalja.

Bedanya dengan budaya Jawa (mungkin), pehitungan semacam itu, mungkin hanya untuk mencari hari baik untuk tanggal pernikahan.

Karena membuat kotak ini relatif sulit, makanya minggu ke-3 ini bagian pertamanya, hanya sampai pada bentuk kotaknya saja, dan belum dihias (seperti yang terlihat pada gambar). Membuat hiasan dan finishingnya akan dilanjutkan di minggu depan. 

let's wait and see, gimana hasilnya kotak perhiasan buatan saya, karena instrukturnya, Miss Go Eun selalu tertawa  melihat kotak buatan saya yang baru jadi ... :):)


8 comments:

  1. Ntar kalo udah jago, buatin untuk sy ya mba:-)

    Btw, udah packing buat besok?

    ReplyDelete
  2. Ntar kalo udah jago, buatin untuk sy ya mba:-)

    Btw, udah packing buat besok?

    ReplyDelete
  3. Ntar kalo udah jago, buatin untuk sy ya mba:-)

    Btw, udah packing buat besok?

    ReplyDelete
  4. mbak, nunggu photo hasil kerajinannya =D

    ReplyDelete
  5. ahaaiii, apa sih yang enggak buat ani ... buat anteran yah ...:)

    ReplyDelete
  6. ni namanya ham mba?
    jadi penasaran, kalau dah jadi kek gimana?

    ReplyDelete
  7. iya des, namanya ham ....
    aku juga penasaran, secara buatanku koq bentuknya aneh ya ...:)

    ReplyDelete