Monday, July 30, 2012

Kelas Kerajinan Tangan Korea: Belajar Maedup ( 매듭 )



Dua kali absen di kelas kerajinan tangan Korea, begitu masuk kelas lagi, ngebut mengejar pelajaran yang tertinggal. Yang pertama adalah belajar membuat anyaman tradisional Korea dengan menggunakan tali temali disebut Maedup ( 매듭 ) . Anyaman ini akan membentuk simpul atau ornamen untuk membuat hiasan atau asesoris.




Maedup sudah dikenal sejak zaman tiga kerajaan di Korea dan masih dilestarikan hingga sekarang.  Sebelum berangkat ke Iran,  saya sempat diajari membuat maedup Do rae (membuat simpul yang berbentuk silang), setelah pulang, lanjut belajar Garakji, simpul yang membentuk ornamen bunga yang manis. 




Cara membuat kedua Maedup itu, menurut saya gampang-gampang susah, mesti sabar dan teliti, apalagi kalau tali yang digunakan berukuran kecil, sehingga membutuhkan alat bantu semacam benda untuk pemecah es (seperti terlihat di gambar), agar bisa menarik dan menganyam tali dengan mudah. Awal bikin, rada susah dan bentuknya jadi salah. Tapi kalau sudah bisa dan terbiasa, dalam hitungan menit sudah bisa jadi ornamen dan simpulnya. very interesting ...





2 comments: