Tuesday, July 31, 2012

Kelas Kerajinan Tangan Korea: Kantong Cantik Ala Korea

Setelah menyelesaikan materi anyaman tradisional Korea, kerajinan tangan selanjutnya adalah membuat kantong untuk tempat minum (sebenarnya bisa dimodifikasi untuk kantong serba guna), dengan menggunakan bahan dua warna yang teksturnya licin. 

Kantong dibuat mengikuti pola, kemudian dijahit sesuai petunjuk pola. Semuanya dijahit tangan, tidak dengan mesin jahit.





Yang rada unik, benang jahitnya, mesti diluluri dulu lilin. Caranya, benang yang akan digunakan dililitkan ke lilin yang biasa digunakan kalau mati lampu. Kemudian lilitan itu ditarik, ulangi 3 sampai 4 kali, sehingga lilin menempel di benang jahit.  

Lalu benang jahit diletakkan di lipatan kertas, selanjutnya lipatan kertas berisi benang jahit itu disetrika, sehingga benangnya menjadi agak kaku. Katanya, cara ini dilakukan agar benang kuat dan tahan lama.

Setelah jahitan bahan selesai, dan terbentuk kantong seperti pada gambar, finishingnya, ujung-ujung tali dihias sedikit dengan menggunakan hasil anyaman do-rae dan garakji yang sebelumnya dipelajari.  Seru bikinnya, pelajaran ketrampilan jahit jaman SMP seperti jahit jelujur dan tikam jejak, kepake lagi deh buat bikin kantong ini .... :)




No comments:

Post a Comment