Tuesday, March 3, 2009

Ransel dan Sindrom Kecopetan


umumnya, orang yang bawa ransel meletakannya di belakang (punggung) bukan di depan (dada). Tapi saya termasuk orang yang selalu meletakkan ransel di bagian depan. Makanya suka dikomentarin, "pake ransel di belakang bu, bukan di depan," atau yang lebih parah lagi "buat nutupin kehamilan yah?"


enggak tahu yah, kayaknya lebih nyaman aja bawa ransel dengan posisi di depan. bisa jadi ini kebiasaan yang terbawa sejak masal liputan di lapangan dulu. waktu jaman marak aksi kerusuhan dan demo di jalan-jalan. sebagai reporter lapangan yang sering meliput aksi di jalan, ransel menjadi pilihan karena praktis bisa muat apa ajah.

kenapa lebih senang meletakkan ransel di posisi depan (dada) pertimbangannya juga untuk kemudahan. kalau perlu sesuatu tinggal sreettt ... tarik restsleting tanpa harus membolak balik dari punggung ke depan, trus langsung deh bisa ngambil pena, notes, hp atau tape recorder, kalo dihubungi studio buat laporan juga, dering hp lebih mudah terdengar kalo ranselnya di posisi depan. apalagi kalo pas liputan demo terjadi bentrokan ... ransel di depan bisa bermanfaat buat perlindungan badan.

tapi sebenarnya ada yang paling penting kenapa saya terbiasa bawa ransel di posisi depan. yaitu, meminimalisasi kemungkinan menjadi korban pencopetan, karena dulu kalu liputan masih turun naek bis kota jakarta yang rawan copet, apalagi saat liputan di jalan yang kadang harus berada di tengah kerumunan orang.

dan sepertinya, alasan sindrom takut kecopetan yang masih berlaku kenapa saya masih suka bawa ransel dan meletakkannya di posisi depan, karena sampai sekarang masih turun naek bis. bukan apa-apa, kalau udah kecopetan, paling males ngurus surat-surat penting yang ikut hilang dicopet, kayak KTP, kartu ATM dan sebangsanya.

18 comments:

  1. kalau naik krl ekonomi yang padat dat dat, ransel di depan pun nggak ngaruh (aman dari pencopetan). aku pernah mengalami. waktu mau turun, pintu dihalang-halangi orang-orang. waktu aku susah payah melewati orang-orang itu, ada seseorang yang mendorong-dorongku dengan kasar. waktu aku menengok ke arah orang itu, rupanya seseorang menyilet ranselku dari bawah. yang diincer: hp dan dompet. tapi alhamdulillah masih dilindungi. hp dan dompetku aku simpan dalam tas kecil dari bahan terpal, dalam ransel. jadi, gagallah upaya komplotan pencopet itu. :D

    ReplyDelete
  2. depan, belakang samping kanang samping kiri tetep ajah copet lebih jago huh

    *curhat korban kecopetan hp

    ReplyDelete
  3. hihihi ... copetnya dah level advanced sih ...:)

    ReplyDelete
  4. nah itu pengalaman juga, kalo udah ada gerak gerik yang mencurigakan ... jangan tengok-tengok, kekepin ajah ranselnya ...:)

    ReplyDelete
  5. wahh...kita sama2 suka pake ransel didepan.

    inna naroh didfepan kalo dt4 yang rame banget mbak
    kalo kayak di mall gitu naruhnya dibelakang, tapi tetap waspada

    ReplyDelete
  6. Ranselnya dikasih alarm dong mbak, he he he

    ReplyDelete
  7. klo masuk daerah rame ih tasku biasanya kutaruh depan biar lebih aman.. :)

    ReplyDelete
  8. bukan curiga, yang ada mangkel (pengen menghajar tu orang --yang ternyata ngumpet). disilet deh.

    tapi pernah juga, tas yang aku taruh di depan dada selagi berdiri di krl yang super-padat, juga "berhasil" disilet sejengkal panjangnya. padahal didekap terus loh di dada.

    tapi tangan jahil rupanya beroperasi dari bawah (yang pasti nggak bisa kelihatan). lalu mencoba meraih benda di bagian terbawah tas. tapi lagi-lagi, masih dilindungi. hp-ku aku taruh di sleting bagian dalam, di bagian atas tas.

    ReplyDelete
  9. pengetahuan baru lagi nih modus operasi copet di krl ...:)

    untung saya jarang naek krl mas ...

    ReplyDelete
  10. aku pernah kecopetan 2 kali!! HUAAAAA!!! apes bener deh! itu segala ktp, sim, atm, ktm...hiks..malah kecopetan pertama dulu pas mau ujian akhir, jadi ribet banget deh ngurus-ngurus segala tetek bengeknya...

    ReplyDelete
  11. kalau anker (anak kereta) pake ransel di dada (dompet hape di dada/kantong atas)

    ReplyDelete
  12. kakakku paling suka protes kalo liat saya pake ransel di depan, katanya anak cewek ga baik kalo pake ransel di depan. padahal saya pake ransel di depan untuk mencegah kecopetan aja

    ReplyDelete
  13. Wah emang Indonesia negeri pencopet he3..
    Miriiiiiiiiiiiiiss..
    Dari level bawah sampai level penguasa negeri...

    ReplyDelete
  14. brnrt bgt mba..aku klo dah mau naik bus or kereta langsung dech aksi ransel depan

    ReplyDelete
  15. hahaha, malah gak kepikiran ada "pencopet" kelas atas ...

    ReplyDelete
  16. sama, len. selain aman buat diri sendiri juga aman buat orang lain soalnya kita jadi tahu ransel kita nyenggol orang lain apa nggak hehehehe

    ReplyDelete
  17. iyah ... kadang ada tuh, orang naik bis, pake ransel di belakang, udah ranselnya gede, isinya penuh pula, nyeruduk ajah naik bis ... enggak tahu ranselnya nyenggol kepala orang ...:)

    ReplyDelete