Wednesday, May 18, 2011

Berita Museum yang Bikin Senyum



Baru inget kalau hari ini adalah Hari Museum Dunia. Dan dalam rangka memperingati Hari Museum Dunia yang jatuh tiap tanggal 18 Mei, seluruh museum di Jakarta tidak mengenakan biaya alias gratis bagi para pengunjung yang datang pada hari ini.  Padahal, siapa juga yang mau bela-belain ke museum di hari kerja. Kenapa masuk gratisnya enggak digelar sampai sabtu atau minggu gitu ...


Ngomongin soal museum, jadi inget berita televisi yang saya tonton kemarin (nama stasiun tv-nya lupa), tentang liputan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi di hari libur kejepit nasional. Saya tertarik dengan laporan tv itu tentang museum-museum di Jakarta yang justru tutup pada tanggal merah, sehingga pengunjung yang sudah kadung datang ingin melihat isi museum, jadi kecewa.

Logikanya, sebagai obyek wisata sejarah, hari-hari libur, termasuk hari libur nasional adalah kesempatan untuk menggaet banyak pengunjung. Apalagi bagi masyarakat Indonesia umumnya, museum bukanlah tujuan wisata favorit kecuali kalau ada studi tur dari sekolah. Mungkin cuma segelintir orang yang gemar jalan-jalan ke museum sebagai pengisi liburan.

Kembali ke berita tv tadi soal pengunjung museum yang kecewa, saya betul-betul tersenyum mendengarnya. "Indonesia banget deh, ah," gumam saya dalam hati. Yang bikin saya tersenyum adalah kebijakan museum tutup pada hari libur nasional, jelas tidak sejalan dengan pernyataan Menteri Pariwisata yang berharap "hari kejepit" diantara hari libur, dijadikan sebagai hari "cuti bersama" agar bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal. Dalam konteks kebijakan museum tadi, jelas ada ketidakkompakkan antara "atasan" dengan "bawahan".

Tapi, ya sudahlah. Kita memang sudah terbiasa melihat "harapan" yang jauh dari "kenyataan" di negeri ini. Yang jelas, saya masih menyimpan harapan untuk mewujudkan proyek mengunjungi semua museum di Jakarta, untuk menjadi kenyataan. Saya menyebutnya "Proyek 1.000 Museum." Cuma koq, rada susah yang nyari database tentang museum-museum apa saja yang ada di Jakarta. Ada yang bisa bantu saya?

6 comments:

  1. Di riau jg museum2 pada ngga kerawat, ga ada yg jagain juga kadang2..benar2 terabaikan..siapa jg yg mau datang?

    ReplyDelete
  2. Kenapa mata ini bacanya berita mesum >,

    ReplyDelete
  3. sayang yah, kesadaran masyarakat kita untuk menjaga dan merawat museum memang masih rendah

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi pengen tahu juga, di Jakarta ada berapa museum memangnya? Mendekati 1000, lebih dari 1000? Saya cuma tahu Museum Mandiri, Satria Mandala, Museum Tekstil dan bbrp yg ada di TMII.

    ReplyDelete
  5. aku juga belum tahu jumlah pastinya, gak ada data base-nya soalnya ...

    ReplyDelete