Wednesday, May 30, 2012

Sepenggal Cerita di Kantor Imigrasi

Baca pengalaman Ani Adami bikin paspor, jadi kepengen nulis juga pengalaman bikin paspor kemaren. Kali ini, saya mencoba memperbarui paspor di kantor imigrasi Depok. Selain deket dengan tempat tinggal, katanya di kantor imigrasi kelas II (baru tahu saya, kantor imigrasi ada kelas-kelasnya)  Depok tidak se-crowded kantor imigrasi Jakarta Selatan tempat saya biasa perpanjang paspor.

Ternyata betul sih, di kantor imigrasi Depok, pemohon paspor hanya dibatasi 100 orang setiap harinya. Dan hari itu, saya dapet nomor antrian 98. So, ngantri dari jam 10 pagi baru dipanggil sekira jam setengah empat sore. Lelah dan pusing ... sudah pasti. Apalagi selesai antrian nomor 97, tiba-tiba seorang ibu nyelonong ke loket 1 tempat saya seharusnya mengajukan berkas permohonan paspor. Glek ... itu ibu-ibu gak tahu apa yah, orang udah ngantri dari pagi.

Si penjaga loket sepertinya tahu saya sudah tidak sabar menunggu si ibu yang kayaknya demen banget ngobrol itu. Akhirnya dia memanggil nomor saya .... ahh, akhirnya. Sampai di depan loket .... oh, petugas imigrasinya masih muda banget dan cakep ternyata, wajahnya mirip pesinetron Baim Wong ...:)

Bukan cuma cakep, orangnya ternyata ramah banget, seneng rasanya ada pegawai publik yang sikapnya kayak gini. Rasa capek dan pusing pun karena ngantri seharian, langsung lenyap. Dia tersenyum menerima berkas permohonan paspor, dan memeriksanya satu per satu. Terus tersenyum lagi sambil nanya ...

"Boleh saya tahu, mau pergi kemana?"

Saya menjawab nama sebuah negara sambil tersenyum juga (hayaahh).

Dia senyum lagi. Nanya lagi, "Negara itu negara Timur Tengah bukan?"  (kayaknya mo nge-tes ilmu pengetahuan umum saya nih ...)

Saya juga senyum lagi, sambil jawab "bukan ..."  (karena orang memang suka salah paham dengan negara ini, mentang-mentang muka-muka orangnya kayak Arab, dianggapnya termasuk negara Timur Tengah).

Si petugas itu, tersenyum lagi sambil menganggukkan kepala setelah mendengar jawaban saya. Dia kembali memeriksa berkas saya.  Tak lama dia ngajak ngomong lagi ...

"Mbak, kalau boleh saya sarankan ... jangan mencantumkan pekerjaan wartawannya yah. Khawatirnya nanti Mbak nya ditolak masuk ke negara itu, meski tujuannya cuma buat jalan-jalan. Karena ada beberapa negara yang enggak suka dengan profesi wartawan. Lebih baik, tulis pegawai saja yang lebih umum ...." katanya, sambil tak lepas tersenyum. ( Hadeuuhh ni orang ....)

"Oh ... gitu ya. Tapi di surat pernyataan saya nulisnya pegawai kan ..." jawab saya mencoba menjelaskan.

Dia senyum lagi, "Tapi di KTP mbak ... nih liat, pekerjaannya wartawan ... " kali ini senyumnya melebar, nyaris tertawa kecil.

"Oh, iya ya ..." jawab saya, spechless.

Terus dia ngomong lagi, "Nih ... ya saya tunjukkin" (dia mencari-cari di tumpukan berkas, lalu mengambil sebuah berkas dalam amplop kuning, dan mengeluarkan sebuah paspor dari dalamnya)  kayak gini nih, di paspor dicantumin pekerjaannya wartawan (dia menunjukkan paspor seseorang)  Lebih baik jangan yah ... soalnya kemaren ada pengalaman wartawan yang visanya ditolak karena di paspor ditulis pekerjaannya wartawan ... daripada Mbaknya nanti kesulitan ... jadi saya kasih tahu aja, nanti pas wawancara bilang ke petugasnya untuk mencantumkan pekerjaan pegawai saja ya ..."  katanya panjang lebar, sambil lagi-lagi senyum dan senyum ....

"Ohhh, gitu ya mas, ok deh nanti saya bilang ... makasih yah ..." jawab saya.

Si mas-masnya senyum lagi. "Ok ... ini sudah selesai. Nanti Selasa balik lagi buat wawancara, pembayaran dan foto yah ..." katanya. senyum.

Saya pun tersenyum, sambil menerima tanda terima penyerahan berkas dari tangannya. Sambil mengucapkan terima kasih, sebelum berlalu dari loketnya.

"Terima kasih kembali ... ... "Eh ... mbak, botol minumnya ketinggalan nihhh ..." ujarnya ketika saya baru akan membalikkan badan.

"Eh ... iya, makasih mas ..." jawab saya, sambil tersenyum dan melihat senyumannya untuk yang terakhir kali.

Rasanya seperti dapet rezeki nomplok ketemu sama petugas publik yang ramah dan murah senyum kayak gini. Biasanya, kalau berurusan dengan petugas publik, entah itu kelurahan, apalagi imigrasi .... pelayanannya selalu gak ngenakin hati, gak ramah, apalagi murah senyum.

catatan penting lainnya, hmmmm ternyata wartawan masih jadi profesi menakutkan buat sejumlah negara yah .... ada-ada saja ....

15 comments:

  1. aduh si mbak grogi yah sampai minuman botolnya ketinggalan , eh atau sengaja? :D.


    selasa yang wawancara siapa kira2 mbak? *jail

    btw, inna pengen ngerasain prosedur kayak gini, akhirya karena kerjaan dan ga bisa selesai sehari inna memilih untuk bayar calo. *tutup muka

    ReplyDelete
  2. mau ke mana len? ke korsel? :D
    aku sering dengar, beberapa negara alergi thd wartawan asing, terutama cina.

    emang di ktp lena dicantumin "wartawan"?
    bukannya isiannya cuma: swasta, pns, pelajar, saja?
    aku sendiri di ktp pekerjaannya "swasta".

    ReplyDelete
  3. pasti pengen ke mesir ya, shooting ayat2 cinta :)

    aku pas ngurus kemarin, udah diwanti-wanti ma temen supaya datangnya agak pagi, biar dapat no antrian awal.
    anyway, lebih puas kayaknya kalo ngurus sendiri ya, dan lebih irit pastinya. si calo bisa dapat untung 50%. *ogah rugi*

    ReplyDelete
  4. iya, alhamdulillah .... ilang deh pegel-pegel ngantri ...:)

    ReplyDelete
  5. yaahhh di jaganya di loket pemeriksaan berkas na, tapi kemaren pas antri wawancara ... puas deh ngeliat dari jauhhh ... hehehehe

    ini karena gak kepepet aja, jadi ngurus sendiri. dulu juga aku pernah pake calo karena memang harus cepet jadi ...:)

    ReplyDelete
  6. Korsel ? pengennya sih kesan .... lets wait see, kalo rezeki gak kemana ...:)

    iya, di KTP ditulis wartawan ... *aku juga baru nyadar ...:)

    ReplyDelete
  7. hihihi .... jadi figuran ... dibalik piramid ...:)

    kalo pake calo, kenanya tiga kali lipat harga ngurus sendiri ni ...:):)

    ReplyDelete
  8. meski di ktp tak ditulis wartawan, tapi pas pengurusannya pake fasilitas wartawan, diurusin kantor (gak pake lama). :D

    ReplyDelete
  9. juga gratis (kantor yg bayarin). wkwkwk.

    ReplyDelete
  10. i have no idea Des ... doa'in aja semoga urusan lancar ....

    ReplyDelete