Thursday, May 22, 2008

Menekuni Hobi Lama

Saya tidak pernah berani bilang punya hobi fotografi, secara saya enggak pernah punya peralatan standar fotografi. Saya lebih suka bilang suka motret-motret (kadang-kadang seneng diprotet ) dan punya minat saja dengan bidang fotografi.

Makanya, waktu SMA dulu saya milih kegiatan ekstra fotografi meski kalau ada tugas hunting foto, bisa dipastikan saya selalu nebeng kamera temen yang standar fotografi, maklumlah di rumah saya cuma punya kamera poket.Pengetahuan fotografi waktu SMA dulu sebenernya sudah lumayan, bahkan sampe pada tahap belajar cuci cetak film hitam putih.

Tapi selepas SMA, hobi motret itu jadi terputus. Selain faktor masih belum punya kamera standar fotografi, kesibukan kuliah dan kesibukan lainnya menyita waktu. Belum lagi waktu itu, lagi seneng-senengnya siaran di radio. Walhasil, terlupakanlah kegiatan potret memotret dan ilmu fotografi yang pernah saya pelajari.

Bertahun-tahun kemudian ....

Setelah saya keluar dari dunia radio, entah kenapa saya jadi ingat hobi lama itu. Tentu saja perkembangan fotografi saat itu sudah sedemikian pesat dan mulai memasuki era digital. Dengan budget terbatas, saya beli sebuah kamera digital merk Pentax. Sebenernya sih bukan standar fotografi juga, cuma kamera digital biasa tapi fitur-fiturnya, saya anggap lumayanlah buat menyegarkan kembali hobi motret.

Seorang temen saya bilang, kalau cuma buat hobi aja enggak perlu-lah kamera yang canggih-canggih. Karena jaman sekarang hasil foto bisa keren, karena bisa diolah di photoshop dengan menggunakan berbagai teknik artistik dan manipulasi.

"Kalau udah tahu dasar-dasar fotografi, cukup lah. Sekarang loe belajar ajah tuh photoshop, supaya loe bisa ngolah hasil jepretan loe," kata sahabat saya.

Saya cuma nyengir. Tapi saya lakonin juga saran sahabat saya itu, belajar photoshop. Sekarang sih masih otodidak, nanya sama temen-temen yang ngerti teknik photoshop. Ternyata asyik juga  dan buat saya yang masih awam, kadang ngerasa amazing banget ngeliat hasil olahan foto pake photoshop.

So, sekarang, kalo pergi kemana-mana saya selalu bawa kamera. Dan kadang bikin sebel sodara-sodara, karena yang diprotet bukan orangnya  tapi bungalah, semutlah atau benda-benda mati yang bentuknya menarik dan unik. Kalo motret orang sih, saya lebih suka motret anak kecil atau bayi yang mukanya lucu-lucu .....

Beruntung di rumah punya ponakan yang masih kecil-kecil dan enggak boleh liat kamera, bawaannya mau nge-gaya mulu, jadinya asyik kalo dijadiin obyek foto.  

Belum ada sih, hasil foto yang betul-betul memuaskan. Yang penting, mau menikmati hobi motret-motret dulu, menekuni hobi lama. "Klik !"

When i take some pictures, i just remember what Ansem Adams, American Photographer (1902-1984) said ...

























"There are always two people in every picture: the photographer and the viewer."




“There are no rules for good photographs, there are only good photographs.”

“There is only you and your camera. The limitations in your photography are in yourself, for what we see is what we are.”












38 comments:

  1. Wah,ternyata Lena suka motret ya.

    ReplyDelete
  2. wah sama dong kite mba... "suka motret" dan sekarang juga lagi menekuni photoshop....

    ReplyDelete
  3. ada nihh.. kembar mau jd objek foto te' Lena... tp nanti hasilnya pip semua.. hehehhehh

    ReplyDelete
  4. sy udah beli kamera mahal..dasar gaptek..tetep aja pake menu auto melulu :(

    ReplyDelete
  5. hehehe, yah ... masih amatiran gituh. Dala kayaknya makin sibuk deh ...

    ReplyDelete
  6. yukkk kapan-kapan motret yukkkk, ajak tente diana ...

    ReplyDelete
  7. aku seneng anak kembar .... pasti cute dan manis-manis yah ... mudah-mudahan ada kesempatan ketemu yah ...

    ReplyDelete
  8. hehehe, sama dong mbak din, aku juga kalo dah hopeless, semua programnya di-reset dan pake yang auto ajah ...

    ReplyDelete
  9. ga mau ah... yang ada nanti kameranya penuh futunya tante lena dan tante diana...xixixixixixixixixi...

    ReplyDelete
  10. hehehe .... koq tahu sih .....

    ReplyDelete
  11. ya tau laaaahhh masa ya tau dong!!! :p

    ReplyDelete
  12. ih, belum tentu lagih, siapa ntar malah kamera kita yang penuh photo-photo fahri ....

    ReplyDelete
  13. tuh kan bener, kalau soal dipotret gak kalah narsisnya dah ...

    ReplyDelete
  14. sini, saya potoin mba... tapi mba di jangan liat kamera ya... liat ke belakang ajah... :D

    ReplyDelete
  15. kalau saya baru bisa pake kamera HP, itu juga HP second, he he he. waktu baksos MP Indonesia kemarin, teman2 MPers motretnya jalan terus, gak pernah berhenti. Saya sampe bingung lihatnya.

    ReplyDelete
  16. lagiii perlu MODEL ya yg sexiihhhhh kayak saya yaaaa hihihi

    ReplyDelete
  17. looh kok pingsan sih hihihihi

    ReplyDelete
  18. motret pake kalo dimaksimalkan hasilnya juga bagus loh ... oh ya, besok KAZI soal Hamas yah ...

    ReplyDelete
  19. tenanggg di, pan ada tukang potonya .... Fahri .... hehehe

    ReplyDelete
  20. Iya mbak, kata pak Tri begitu. saya Insya Alloh mau datang. Datang ya mbak.

    ReplyDelete
  21. hehehe kalian berdua lagi perlu model kaaan hihihi

    ReplyDelete
  22. hehehe ... iyah buat iklan obat nih di ...

    ReplyDelete
  23. bukaannnnn .... obat batuk ...... mau enggak? jadi pas difoto gayanya mesti lagi batuk-batuk dan pasang muka menderitaaaa gituh ...

    ReplyDelete
  24. yah apa aja deh yang penting masuk tipi hahaha

    ReplyDelete
  25. nah gini nih.. Indonesianya kliatan bangettt...

    *kayaksendirinyanggaaja:D*

    ReplyDelete
  26. pingin juga tuuh jadi model obat batuks :D

    ReplyDelete
  27. *iya aahh ngga ikut-ikutan...*

    ReplyDelete
  28. ya iyalah, klo ikut ntar siapa yg motoin hihi

    ReplyDelete