Thursday, May 15, 2008

Sajadah Digital, Sajadah Masa Depan

Pernah enggak ngebayangin ada sajadah yang secanggih ini,  dilengkapi dengan sensor, kompas, lampu dan display untuk menampilkan ayat-ayat suci al-Quran? Sebentar lagi, kita mungkin bukan cuma ngebayangin ajah, tapi bisa memilikinya. Karena prototipenya sudah ada, dan dibuat oleh seorang pemuda Muslim berusia 36 tahun! keren kan ...

Wael Aboulsaadat si pencipta sajadah canggih ini menyebutnya sebagai sajadah digital. Dia adalah mahasiswa Ph-D tahun keempat bidang ilmu komputer di Universitas Toronto. Wael berharap sajadah hasil temuannya ini bisa memudahkan umat Islam menjalankan ibadahnya dan membantu meningkatkan kualitas salat mereka.

Gimana enggak canggih, sensor yang ada di sajadah ini bisa mendeteksi benar tidaknya posisi salat kita, kita bisa mengatur bacaan-bacaan al-Quran yang ingin kita baca dan ditampilkan di display, kompas bergambar tiga dimensi masjid Haram di Mekkah menunjukkan arah kiblat, lampu bisa dinyalakan jika kondisi tempat salat gelap, dan jika ada kesalahan di sistem, sensor akan memberikan peringatan dengan getaran, sehingga tidak mengganggu konsentrasi ketika sedang salat.

Selain itu, sajadah elektronik ini juga dilengkapi fitur untuk mengingatkan waktu-waktu salat dan hari besar agama Islam. Cuma sayang, enggak dikasih tahu, sejadah ini berat gak yah kalo dibawa-bawa secara dia pastinya menggunakan panel-panel elektronik. Dan belum ada informasi lebih lanjut kapan mau diproduksi massal dan berapa harganya .... tapi cukup membanggakan-lah karena yang membuat sajadah canggih ini adalah seorang pemuda Muslim.

7 comments:



  1. Free Flash Mp3 Player at Aceh-Online.Com

    ReplyDelete
  2. waduh... pastinya klo dibawa di tas kagak boleh dibawa masuk ke wc tuh...

    ReplyDelete
  3. ya atuh jangan bawa-bawa sajadah ke wc ....

    ReplyDelete
  4. he'eh ... ditunggu generasi-generasi muda muslim lainnya yang inovatif ....

    ReplyDelete
  5. canggih euy,,, tapi kalau sholat sambil merhatiin display di sajadah bisa khusuk gak ya? bisa jadi nanti orang jadi males ngapalin surat-surat di Al-Quran (astaghfirullah saya suudzan kali ya).

    ReplyDelete