Tuesday, January 3, 2012

[Suka Duka Angkoter] Dua Hari yang Bikin Senewen

Dua hari belakangan ini, bener-bener lagi senewen sama sopir angkot, setelah sebelumnya puas membanting pintu angkot, gara-gara sopir angkot yang ngeyel dengan rokoknya.

Gimana enggak senewen, hari pertama, si sopir angkot jurusan Kampung Rambutan-Cileungsi yang saya tumpangi, asyik ngobrol pake telepon genggamnya sambil nyetir di jalan tol. Hari kedua, lebih parah, si sopir angkot jurusan yang sama, asyik baca sms dan bales sms saat nyetir di jalan tol.

Dari jok belakang, dengan perasaan resah, saya perhatikan mata si sopir sebentar-sebentar tertuju ke hp-nya, terus ke kaca spion, begitu beberapa kali. Saya sudah berniat bakal menegur si sopir kalau tidak juga menghentikan kegiatannya ber-sms ria sambil nyetir. Syukur alhamdulillah, sebelum saya melaksanakan niat itu, si sopir sudah meletakkan hp-nya.

Tapi, tetap aja, jengkel banget rasanya ngeliat sopir angkutan umum yang jelas-jelas sedang berada di jalan raya dan membawa banyak nyawa, seenaknya sms-an atau telpon-telponan pake hp. Saya yakin, masih banyak yang belum sadar bahayanya menggunakan hp saat sedang menyetir kendaraan. Dari hasil penelitian, menggunakan hp saat mengemudi meningkatkan resiko kecelakaan empat kali lipat, yang bukan cuma membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain.

Tapi, jangankan sopir angkot, pengguna mobil pribadi saya lihat juga masih banyak yang sering menggunakan hp saat mengemudi.  Padahal sudah ada UU No.22  tahun 2009 yang melarang menggunakan hp saat mengemudi. Tapi, lagi-lagi saya tidak mau menyalahkan penegakkan hukumnya, karena masalah ini membutuhkan kesadaran pribadi. Kesadaran untuk menjaga nyawa sendiri dan nyawa orang lain.

Memang sih, hidup dan mati di tangan Tuhan. Tapi kalau sampai mati atau bonyok gara-gara sopir angkot yang teledor sms-an atau teleponan pake hp sambil nyetir, amit-amit deh, jangan sampe.



6 comments:

  1. dijewer aja mbak:D

    cerita yang banting pintu mana...menarik kayaknya:d

    ReplyDelete
  2. yg lebih parah, bawa motor sambil nelpon ato sms-an. kenapa ga brenti dulu sih?

    ReplyDelete
  3. aku walaupun ga nyetir aja males buka hp di jalan hihihi

    ReplyDelete
  4. soal bertelepon dan meng-sms, temanku aja suka melakukannya. padahal, saat itu di jalan tol cipularang, dalam perjalanan ke bandung. :(

    *aku membiasakan diri, selagi nyopir, HP diserahkan kepada "navigator", yaitu istri saya. :D

    ReplyDelete
  5. biasanya suka saya pepet, biar dia nyadar.

    ReplyDelete