Thursday, December 29, 2011

Baca Buku Lompat-Lompat, Kebiasaan Jelek?

Let books be your dining table,
And you shall be full of delights
Let them be your mattress
And you shall sleep restful nights.
~Author Unknown




Saya tidak tahu apakah cara saya membaca buku ini benar atau tidak, bagus atau tidak.  Saya punya kebiasaan untuk membaca beberapa buku dalam satu waktu. Kalau ada kesempatan buat beli buku, saya biasanya beli beberapa buku dengan plihan, ada buku yang isinya "berat" dan buku yang isinya ringan, dengan pertimbangan kalau lagi bosen baca buku yang berat, bisa pindah dulu, membaca buku yang ringan.

Dengan kata lain, kebiasaan membaca saya enggak karuan. Tidak pernah menyelesaikan membaca buku satu persatu, tapi pindah-pindah, dari buku yang satu ke buku yang lain. Tergantung mood aja. Kadang ada buku yang bisa sampai selesai terbaca semuanya,  ada juga yang enggak, terutama buku-buku yang terlanjur dibeli tapi ternyata isinya gak menarik, atau bahasanya bikin pusing kepala.

Jeleknya, kalau lagi asyik ke salah satu buku, buku lain yang baru setengah dibaca, ditinggal dulu. Walhasil begitu pengen melanjutkan baca lag buku yang ditinggalin kemarin, suka lupa apa isi sebelumnya, dan kadang jadi dibaca ulang dari depan lagi.  Kadang saya merasa gaya membaca seperti ini tidak efektif dan efisien, tapi entah kenapa, koq susah ya menghilangkan kebiasaan ini. Rasanya, jarang banget saya menyelesaikan satu bacaan terlebih dulu, baru dilanjutkan ke bacaan lain, kecuali bacaan itu memang asyik banget dan bikin penasaran.

Ada jeleknya lagi nih, kalo lagi baca buku yang memang asyik dan bikin penasaran itu, saya suka gak sabar pengen tahu ending-nya, jadi kadang langsung dibaca bagian endingnya dulu, baru deh dibaca seluruhnya. Kalau sudah tahu ending-nya, rasanya koq ya jadi tenang bacanya ... hehehe ...

Satu lagi, beberapa tahun belakangan ini, saya jadi cepet lupa isi buku yang baru saya baca. Jadi kadang suka gak nyambung kalau ada yang nanya. Biasanya kalau ada yang cerita isi buku yang pernah saya baca ... baru deh saya inget "rasanya saya pernah baca buku ini deh"  Ini mungkin faktor "u" ya ...  sudah cepet lupa ....


8 comments:

  1. kirain baca buku sambil melompat-lompat, bisa merusak mata. :))
    aku seringkali baca buku tak sampe tamat. lalu menamatkannya kapan-kapan. (setelah baca buku-buku lainnya). :D

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat ada buku soal perubahan otak karena internet (baca: banyak informasi yg bisa didpt secara cepat). Otak jd susah berpikir runtut dan jd gampang lupa. Yg Lena alami nyambung sm isi di buku itu gak ya? Belum baca bukunya sih, lha wong judulnya aja lupa :D

    ReplyDelete
  3. @mas tian .... mungkin itu kebiasaan orang Taurus yah ... heheheh

    @Lia pernah baca juga tuh soal pengaruh internet sama perubahan otak ... belum tahu juga apakah hasil penelitian itu sahih dan bisa dipertanggungjawabkan, soalnya kebiasaan baca buku itu dan cepet lupa udah lama sebelum era internet ...:)

    ReplyDelete
  4. Oh, begitu. Saya sih merasa, habis sering internetan, rasanya jadi susah konsentrasi n cepet lupa. Eh, bisa jadi juga krn kurang olahraga ya? hahaha

    ReplyDelete
  5. Samaaa, tergantung menarik tidaknya si buku:-)

    ReplyDelete
  6. Bener banget tenyata, Lena suka lupa isi bacaan yg sdh pernah dibaca. Sempet bingung jg ketika ngobrolin isi satu buku yg setauku Lena udah baca, tp Lenanya pelangah pelongoh :)

    ReplyDelete
  7. heheheh ... bisa juga karena sudah terlalu lama bukunya, jadi gak ngeh lagi waktu diobrolin ...:) :)

    ReplyDelete