Tuesday, April 27, 2010

Siapa Bilang Bahasa Indonesia Gampang?

Surprise juga mendengar penjelasan Mendiknas Muhammad Nuh bahwa Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang membuat banyak siswa tidak lulus dalam ujian nasional tahun ini. Kedengarannya, koq kebangetan ya, sedemikian susahnyakah pelajaran Bahasa Indonesia, bahasa ibu yang digunakan hampir setiap hari, sampai enggak bisa mencapai target nilai kelulusan?

Tapi buat saya, mata pelajaran bahasa Indonesia memang susah, lebih susah dari bahasa Inggris (jiaaahh .... gubrak) . Dulu, waktu SMP, saya punya guru bahasa Indonesia yang "keras" banget. Pemakaian bahasa harus benar dan yang sudah disempurnakan sampai ke titik koma.  Hapalan gaya bahasa, tata bahasa, ejaan  mesti ngelotok kalau gak mau dapet "mawar merah" di rapor. Jaman dulu kan pelajaran bahasa Indonesia di rapor gak boleh merah, kalo merah bakal gak naek kelas, meski mata pelajaran lain angkanya item.

Tapi begitulah, belajar bahasa indonesia serius cuma supaya enggak dapet nilai jelek karena gurunya teliti dan seksama banget. Setelah itu, semua dilupakan ... yang kepikir waktu itu, "Ngapain juga segitu seriusnya belajar bahasa Indonesia, emangnya mau jadi sastrawan. Lagian juga kaidah bahasa Indonesia gak kepake kalau buat ngomong sehari-hari. Pakenya bahasa gaul gitu loh ..."

Yah gitulah, pengetahuan bahasa Indonesia pun hilang begitu saja. Bahkan ketika bekerja jadi reporter radio, kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar tidak terlalu dominan dalam bahasa radio, karena bahasa radio menggunakan bahasa tutur, bahasa percakapan sehari-hari. Kebutuhan belajar kembali kaidah bahasa Indonesia baru terasa ketika bekerja di media online yang produknya lebih banyak dalam bentuk tulisan. Ejaan, tata bahasa dan cara penulisan harus benar-benar sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan. Konsekuensinya, saat bekerja, kadang harus bolak-balik ngecek buku panduan EYD dan yang seumur-umur gak pernah buka kamus bahasa Indonesia, sekarang jadi berteman akrab dengan kamus bahasa Indonesia (dalam jaringan). Alamak !

Belum lama bahkan sempet berdebat dengan seorang teman soal kata salat, yang bener itu tulisannya "shalat" atau "salat". Kata yang sering kita ucapkan tapi belum tentu benar saat kita menuliskannya. Saya bahkan sempat terbengong-bengong,  saat materi penyuntingan naskah di kelas terjemahan. Pemberi materi yang sudah bertitel profesor itu, membuat saya nepok jidat, ternyata bahasa Indonesia itu itu gak gampang dan banyak banget kata-kata baru dalam bahasa Indonesia yang saya tidak tahu bahkan salah menggunakannya.

Well, jadi saya enggak heran kalau banyak siswa enggak lulus ujian nasional gara-gara mata pelajaran bahasa Indonesia.  Bisa jadi karena mereka meremehkan mata pelajaran yang satu ini, menganggapnya sebagai mata pelajaran yang gampang atau karena ada penyebab lain, entahlah ...

**** Yang jelas, ikut sedih ngeliat para siswa yang enggak lulus nangis meraung-raung. Perasaan zaman saya sekolah dulu ujian gak sehoror gitu deh. Ada apa sih dengan sistem pendidikan kita?


 
 

9 comments:

  1. tidak meratanya pendidikan di Indonesia. materi pelajaran yg diberikan, orang yg mengajarkan, lingkungan tempat belajar, sangat mempengaruhi minat dan semangat belajar. kemudian yg menentukan kelulusan adalah hanya 3 mata pelajaran, jadi untuk apa pelajaran yang lain? lagi, soal ujian bukannya dibikin per-daerah, tapi dari pusat. pusat (yg bikin soal) mana tau kondisi sebenarnya di lapangan.

    ReplyDelete
  2. iya bahasa indonesia tuh nggak gampang...
    aku aja belajar bahasa indonesia setelah belajar struktur bahasa inggris baru ngerti lebih dalam... kacaw banget ya...

    ReplyDelete
  3. hmmm gitu yah .... arogansi pemerintah pusat sepertinya ...:)

    ReplyDelete
  4. hehehe, tul mbak .... kalau suruh milih, mendingan belajar grammar bahasa inggris daripada grammar bahasa indonesia ... :)

    ReplyDelete
  5. mungkin juga dijadikan ladang bisnis

    ReplyDelete
  6. kalo benar demikian, betapa nistanya para pejabat pendidikan kita ... :(

    ReplyDelete
  7. kalau di gatra, disederhanakan saja. shalat jadi salat. shampo jadi sampo. itu tergantung kebijakan ahli bahasa di masing-masing media, karena setiap pilihan selalu ada celah untuk didiskusikan.

    ReplyDelete
  8. waktu smp guru bahsa indo sy jg kayak gitu strik banget. kan murid2 tulisannya macem2 yah ada yg suka nulis i titiknya di bawah :D termasuk saya kadang2 suka gitu tulisannya, eh ma si ibu guru tulisan kayak begitu disalahin (karena emang salah ya klo menurut tulisan yg benar) tp yah namanya jg anak2 ...jadinya mengurangi nilai dech :(

    ReplyDelete
  9. Sebagai mantan guru bhs. Indonesia, saya turut prihatin atas berita ini. Ada beberapa catatan yg menurut saya menjadi pangkal menurunnya kemampuan siswa berbahasa Indonesia. Pertama, media (tv, koran, radio, dll) banyak yg tdk ikut mmopulerkan bahasa Indonesia yg baik dan benar, kurang kreatifnya guru dlm menyajikan pelajaran dan memancing keinginan siswa utk banyak membaca, banyak guru yg hanya pintar utk dirinya sendiri, tapi tdk pandai menyampaikan materi pelajaran.

    ReplyDelete