Friday, April 9, 2010

Suka Duka Angkot-ers

Entah sudah berapa kali dibuat senewan sama sopir angkot yang suka seenaknya mengenakan tarif sama penumpang. Biasanya, ongkos angkot dari depan kampus IISIP (tempat biasa saya naek) sampai jalan baru Pasar Rebo, cuma Rp3.000 tapi sopir angkot yang nakal seenaknya mengenakan tarif Rp.3.500,- terutama kalo bayarnya enggak pake uang pas, alias masih ada kembaliannya.

Memang sih enggak semua sopir angkot nakal kayak gitu. Ada juga yang pengertian kalo kita bilang "naeknya dari sini bang" dan si sopir angkot mengenakan tarif yang sesuai. Kalo gini kan enak, penumpang dan sopir angkot sama-sama senang. Sama-sama senyum dan saling mengucapkan terima kasih.

Dan kalo diliat besaran uangnya, emang sih enggak seberapa ... cuma 500 perak. Tapi kalo itu sudah melebihi tarif yang biasanya berlaku, sebagai manusia normal, rasanya pengen sewot juga, dan enggak sekali dua kali saya menyaksikan penumpang dan sopir cekcok mulut gara-gara ongkos. Dan enggak sekali dua kali juga saya menjadi korban dan cuma bisa manyun sama si sopir angkot, karena males ribut-ribut soal ongkos, apalagi kalo kejadiannya pagi hari saat mau kerja. Bisa ngerusak mood dah (meski sebenarnya sudah sedikit dirusak ...)

Well, kadang saya berpikir ... orang cari duit koq gitu amat sih. Bukankah rezeki sudah ada yang mengatur? Kalo pengen dapet duit lebih, yah jangan gitu-gitu amat kali yah. So, mungkin karena sudah kebal, kalo saya nemuin sopir angkot yang nakal kayak gitu, seperti pagi tadi, saya cuma memandang sekilas ke sopir angkot, sambil berkata dalam hati, yaaah ... mungkin orang ini sangat membutuhkan uang 500 perak itu, berikan saja, sambil ngeloyor ke tukang gorengan buat ngisi perut yang belum sarapan.  

keterangan: gambar cuma ilustrasi ...

13 comments:

  1. IISIP-ps rebo 3.000, cukup lah. toh jalannya bagus mulus.
    bicara soal yg "cari duit gitu amat", aku jadi teringat sopir mobil bak terbuka yang disewakan. paling benci aku kalo harus nyewa mobil bak, karena selalu menyalahi perjanjian ongkos yg disepakati; selalu ngeluh dan ngomel-ngomel minta tambahan. mungkin mereka begitu cara nyari duitnya. :(

    ReplyDelete
  2. hidup angkoters!
    aku juga sukaaaa bgt sama angkot...
    kalo dulu supir angkot, sekarang angkoter aja dehhh...
    biasanya pulang kantor aku kalo cape bgt duduk di depan samping pak supir M04, lalu kunci pintu, bilang ke supir: "bayr dobel ya baaaaang cape nih pengen boboooo..."
    :))))

    ReplyDelete
  3. Pasar Minggu - Margonda dobel bonus tidur 6rebu aja...
    angin cepoi cepoi... bayangin naek taksi brapa hahahaha

    ReplyDelete
  4. hehehe. pantesan 6.000 bayar dua kursi yah ...:)
    boleh juga nih idenya, bayar dua kursi di depan kalo lagi capeek ... :)

    ReplyDelete
  5. iyaaaa dobel jadi 6rebu hahahaha
    jadi pengen jurnalin juga haha

    ReplyDelete
  6. iyaa... emang nggak seberapa.. tapi ada nilai kejujuran yang dipertaruhkan.......

    suka gemess dehh///

    ReplyDelete
  7. klo penumpang byr kurang juga dikejar2 :D

    ReplyDelete
  8. Soalnya enggak ada aturan baku membayar..

    ReplyDelete
  9. ayo mbak berbagi cerita naek angkot .. :)

    ReplyDelete
  10. yah ... maklum deh mbak, di indonesia ini ... kejujuran lebih mahal dari harga berlian .... jadi nya ya gitu deh ...:)

    ReplyDelete
  11. betul yell .... itu juga yang bikin kesel ...:)

    ReplyDelete
  12. mungkin yah, sistem tarif angkot jadi makin gak jelas ...

    ReplyDelete
  13. Karena organda nya juga enggak tegas ya,sist.... Jadi,suka suka juga naikkannya...kadang juga,yang begitu supir cabutan,bukan supir yang angkotnya...

    ReplyDelete