Tuesday, August 12, 2008

Seragam Koruptor, Kebijakan yang Aneh


Sampai sekarang, saya masih belum paham kenapa tiba-tiba pemerintah kita bikin ide seragam buat para koruptor. Alasan apapun, rasanya enggak masuk ke akal saya buat apa para koruptor harus diberi seragam khusus. Buat nandain kalo orang yang memakai seragam itu koruptor? Lantas apa bedanya seorang koruptor dengan pelaku kejahatan lain yang enggak pake seragam ... koruptor juga penjahat bukan?

Heran ... kenapa ide yang muncul buat memberantas korupsi malah jadi bikin seragam buat para koruptor. Bukannya memperbaharui hukum, misalnya, untuk koruptor hukumannya adalah hukuman mati gituh. Bukan cuma hukuman penjara yang bisa bebas kapan-kapan.  Siapa tahu dengan hukuman mati akan menimbulkan efek jera, dan para pejabat pemerintah negeri ini atau siapa saja bakal berjuta kali mikir kalau mau korupsi.

Saya eneg banget melihat kasus suap yang melibatkan jaksa Urip Tri Gunawan, setelah tahu bahwa jaksa inilah yang mengajukan tuntutan hukuman mati buat Amrozi cs, tersangka pelaku bom Bali dan tuntutan itu dikabulkan oleh pengadilan Bali.  Sekarang setelah ketahuan bahwa Urip juga ternyata melakukan perbuatan yang tidak kalah kejinya dengan tindakan terorisme, seharusnya koruptor macam begini juga pantas dihukum mati seperti Amrozi. Koq enggak malu sih ....


26 comments:

  1. tuduhan amrozi jitu juga ya? waktu sidang di bali, urip mau minjemin amrozi (yang mengenakan sendal jepit) sepatu, amrozi menolak, dengan mengatakan, "nggak mau pake sepatu dari koruptor."

    ReplyDelete
  2. loh, jadi Amrozi lebih dulu tahu tokh kalo Urip itu koruptor .... weleh-weleh ....

    ReplyDelete
  3. Allah menunjukan kejahatan si urip ini...
    betul banget, eneg bin gelii..
    serakah, rakus.. semoga pengadilan Allah yang lebih adil

    ReplyDelete
  4. hehehe. itu karena amrozi --sebagai terpidana mati-- nothing too lose. kalau pun tuduhan itu dikategorikan pencemaran nama baik, dia nggak bisa dikenakan hukuman tambahan, karena sudah divonis hukuman paling maksimal: mati.

    seperti rio alex bulo alias rio martil --yang baru dieksekusi, diberitakan pernah membunuh seorang koruptor di penjara, dan tidak disidang lagi, karena dia sudah divonis mati.

    ReplyDelete
  5. kehabisan kata2 untuk orang itu

    ReplyDelete
  6. wah thanks to Alm Rio Alex Bulo yang telah membantu pemerintah RI memberantas koruptor dong....;)

    ReplyDelete
  7. hehehe, bisa ajah bunda ... penegakkan hukum di negara ini memang aneh bin ajaib ...

    ReplyDelete
  8. urat malunya dah putus mbak..

    pake baju biar ditenderin lagi pengadaannya, jadi ladang korupsi lagi kan...ahh.. lingkaran setan yang ga pernah putus

    ReplyDelete
  9. betul na, ngapain sih buang-buang duit negara cuma buat bikin seragam bagi para koruptor ... it doesn't make a sense ...

    ReplyDelete
  10. padahal cukup pake stempel di jidat aja yah Mbak

    "gw koruptor yang ga tau malu..."
    he..he..

    ReplyDelete
  11. hahahah, ide ini lebih bagus kayaknya ....

    ReplyDelete
  12. kok aneh?? saya sih heran melihat koruptor dengan jas rapi atau baju koko dan peci ketika di persidangan. mereka memang seharusnya diperlakukan seperti pesakitan sebagaimana maling ayam tertangkap massa. ini kan langkah awal untuk memberi mereka dan keluarga mereka rasa malu. kalau soal hukuman sih sampai saat ini hukuman mati tersedia bagi koruptor. yang belum kan pelaksanaannya. itu soal lain.
    tapi bayangkan kalau para anggota dpr, menteri dan orang2 terhormat itu diborgol dan dipakaikan seragam koruptor..

    ReplyDelete
  13. yaaaaaaaaaah... bikin seragam = proyek baru
    proyek baru = ladang baru korupsi
    kikikikikkkkkkk...

    positive thinking sih, bagus juga idenya... biar malu
    tapi kan banyak juga koruptur yang gak ketauan, jadi gak kebagian seragam dong ya?

    ReplyDelete
  14. wah, akyu sih enggak percaya ric, kalo dipakein seragam akan menimbulkan efek malu buat para koruptor dan keluarganya ... sebenarnya udah jadi berita di semua media massa ajah gara-gara korupsi itu sudah sangat memalukan ... liat deh, banyak kan keluarga koruptor yang akhirnya ngungsi dan menyembunyikan diri. Yang penting adalah gimana menimbulkan efek jera, kalo aturan hukuman matinya udah ada ... lakukanlah buat para koruptor ... itu yang penting ...

    ReplyDelete
  15. yang mau kroupsi suruh daftar ke KPK, biar dapet seragam ... heheheh

    ReplyDelete
  16. Yg aku tau ide baju seragam ini dari KPK. Maksudnya supaya para koruptor tdk bisa lagi tebar pesona di TV dg baju2 mahal yg dibeli dari hasil uang korupnya itu, yg bisa bikin tambah sakit hati rakyat menontonnya. Mb Titi Qadarsih malah usul spy seragamnya dibuat dr bahan seharga lima ribuan semeter.Trus pake tulisan gede di dadanya " KORUPTOR" atau " TERSANGKA KORUPTOR". Gitu lho..

    ReplyDelete
  17. Betul banget mas, aku jg pernah baca ini.
    Salut jg buat Amrozi cs yg berani mati krn keyakinannya.

    ReplyDelete
  18. aduhhh, kemahalan deh li ... kalo lima ribu semeter, Bikin ajah dari karung goni dan tinggal lobangin buat bagian lehernya, enggak usah didisain macem-macem ... ntar malah tambah tebar pesona lagih .... toh setelah masuk penjara baju itu enggak dipake lagi, bahkan kemungkinan para koruptor bisa hidup nyaman di penjara ...
    aku sih tetep berpendapat, yang penting hukumannya harus sberat-beratnya buat para koruptor, kalo perlu jika terbukti orang korupsi langsung dihukum mati ... enggak pake hukuman seumur hidup lagi ...

    ReplyDelete
  19. org kita menang senengane kok repot
    suka dg cara berfikir ruwet.

    kalau org berfikir simpel, di kantor2 polisi kan sudah ada baju dengan sablon "TAHANAN", iitu aja dipake-in

    dan larang aja si tahanan dandan atau pake baju/kemeja batik mahal

    ReplyDelete
  20. He,he......boleh jg ide Lena diajukan ke KPK.
    Kalo aku lebih setuju dg usul menerapkan satuuuuu saja hukum islam di negara ini yaitu potong tangan buat para koruptor.Spy bisa jadi efek jera buat generasi berikutnya. Kalo diterapkan pasti ada jutaan orang di indonesia yg tangannya buntung.Tapi sayannng......pemerintah kita alergi dg hukum islam.

    ReplyDelete
  21. setujuuuu banget .... biar kapok yang korupsi ...

    ReplyDelete
  22. Bikin seragam, nanti malah nambah-nambahin anggaran negara aja.
    Belum nanti kalau ada pesanan, bahannya harus ini, jahitnya harus disini. Cape dehhh...

    ReplyDelete
  23. betul, pakein aja baju tahanan yg sdh ada

    repot amat mikirnya

    ReplyDelete
  24. Seragam koruptor maksudnya kan untuk penegasan bahwa,, KORUPSI ITU ADALAH BUDAYA BANGSA(t)... hehehe... Merdeka!!!

    ReplyDelete
  25. hahahaha ..... rasa saling memilikinya sangat tinggi, sampai uang negara dan uang rakyat serasa milik sendiri ....:):)

    ReplyDelete
  26. Apalagi kalau pakai cap yang dipakai buat nge-cap ternak jaman cowboy dulu ya, he he he. Pasti lebih mantab

    ReplyDelete