Tuesday, February 3, 2009

CBS 60 Minutes, Exposing Israeli Apartheid

Percayakah Anda ada orang yang dipenjara dalam rumahnya sendiri? Kunci rumah disita, sehingga untuk keluar masuk dari rumah mereka sendiri pun harus minta ijin,  tidak bisa leluasa bergerak di dalam rumah sendiri, diawai bahkan dilarang bicara pada orang asing.

Itu semua bukan kejadian dalam sebuah film, tapi benar-benar terjadi dalam dunia nyata, di Palestina. Progam 60 Minutes yang ditayangkan jaringan televisi CBS di bawah ini, membuktikan adanya kebijakan apartheid dan diskriminasi yang diterapkan rezim zionis Israel terhadap warga Palestina di wilayah pendudukan di Tepi Barat.

Selain membangun tembok pemisah, Israel kerap mengerahkan tentara-tentaranya untuk merampas kebun-kebun, tanah dan rumah-rumah milik warga Palestina. Para tentara itu bahkan dengan seenaknya bisa masuk dan menduduki rumah keluarga Palestina. Mereka merampas kunci rumah, tinggal di dalamnya, tidur dan menggunakan telepon seenaknya.

Tayangan ini disiarkan CBS pada hari Minggu, 25 Januari kemarin, hasil laporan korespondennya Bob Simon, seorang Yahudi yang tinggal di luar kota Tel Aviv dan diproduksi oleh Robert G. Anderson.

Rekaman tayangan ini disebarluaskan kembali oleh Gaza Justice sebuah gerakan kampanye untuk mengkonter pemberitaan media massa yang tidak imbang atas apa yang dialami rakyat Palestina dibawah penjajahan Israel dan untuk mendorong para jurnalis agar mengekspos kejahatan dan kebijakan apartheid yang diterapkan Israel terhadap rakyat Palestina.

Nah, ingin tahu seperti apa diskriminasi dan kebijakan apartheid yang dilakukan rezim zionis Israel terhadap rakyat Palestina, khususnya di Tepi Barat, simak saja dalam tayangan 60 Minutes dibawah ini.



Watch CBS Videos Online: http://action.gazajustice.org


9 comments: