Monday, July 7, 2008

Minggu Ceriah di Batu Sapi




Batu sapi adalah nama perkampungan kecil di kawasan Sirnagalih, Cipayung, Jawa Barat. Posisi kampung ini terletak di lembah yang dikelilingi bukit-bukit kecil di sekitarnya. Saya tidak akan sampai disini kalau bukan karena menghadiri hajatan seorang 'sesepuh' di kantor yang menikahkan anak sekalian khitanan cucunya, hari Minggu (6/7) kemaren.

Perjalanan dimulai dari kantor, sekitar jam setengah 10 pagi. Kami yang berangkat total berjumlah sembilan orang, delapan orang dewasa dan satu anak kecil, Aldan, puteranya mbak Ning, pas-pasan dengan kapasitas angkut Panther yang kami gunakan. Sepanjang perjalanan, ngapain lagi kalo enggak pada becanda dan maen cela-cela'an. Nyaris selama pulang-pergi perjalanan ketawa mulu, enggak ada yang tidur, pokoknya bener-bener minggu ceriah (pake 'h' saking cerianya).

Macet panjang di pertigaan Gadog sempat mengganggu perjalanan. karena sistem buka tutup di jalur Pincak. Dan memaksa saya turun kendaraan, bukan karena enggak sabar nungguin macet tapi karena enggak bisa nahan 'pipis'. Untung pos polisi di pertigaan Gadog punya toilet, yang jadi sasaran serbuan para penumpang kendaraan yang terjebak macet dan 'kebelet pipis'.

Lepas dari kemacetan Gadog, perjalanan ke lokasi tujuan lancar. Memasuki Sirnagalih, ketika melewati Wisma Tempo, saya kembali terbawa ke kenangan bertahun-tahun silam saat mengikuti pelatihan radio jurnalistik bersama teman-teman reporter radio dari berbagai daerah dan para trainer dari Canada Broadcasting Coorporation. Kenangan indah, yang membuat saya bertanya-tanya ... kemana teman-teman saya waktu training dulu ya ... apa kabar mereka?

Tak berapa lama, kami sampai di tempat hajatan Pak Khusnan di desa Batu Sapi. Jadi terharu, dengan sambutan tuan rumah. "Orang-orang desa yang sederhana dan hidup serba dalam keterbatasan dan kekurangan, kadang lebih paham bagaimana memuliakan tamu ketimbang orang-orang kota yang kaya ..." gumam saya.

Setelah menikmati makan siang dan salat Dzuhur di mushola kecil di desa itu, kami beristirahat sambil nonton artis dangdut dadakan. Bintangnya .... Pak Rusli, salah seorang satpam di kantor kami yang ternyata punya bakat terpendam sebagai penyanyi dangdut .... Kami semua ketawa melihat gayanya nyanyi dangdut diiringin keyboard tunggal yang memang disediakan sebagai hiburan bagi para tamu ....

Cuaca siang itu di Batu Sapi agak panas, cuma sesekali terasa angin dingin pegunungan berhembus ke lembah desa yang sedang diliputi keriaan itu. Menjelang sore, tamu makin banyak yang datang. Sayangnya, kami semua harus pulang biar enggak kemaleman.

Sama dengan perjalanan pergi, ketika pulang pun mobil kami dipenuhi gelak tawa dan cela-cela'an. Alhamdulillah sampe rumah dengan selamat sekitar jam 09.30 malam. Bener-bener minggu ceriah, meski pagi tadi saya bangun dengan badan pegel-pegel, kecapean ... tapi musti kerja ... huhuhu.



14 comments:

  1. mbak..cara nulisnya bagus..
    ajarin dong..

    ReplyDelete
  2. nama tempatnya lucu ya...
    bercerita desa emang gak ada habisnya
    apalagi...desa2 di ina yang kebanyakan dililit bukit2 hijau
    hm....bener2 ngangenin
    btw.....ikut senang denger hari ceriahnya...

    ReplyDelete
  3. yudi merendah, aku justru seneng baca tulisan-tulisanmu yang penuh hikmah itu ...:) keep on writting ...

    ReplyDelete
  4. pegel tapi impas kan Mbak?


    OOT: mbak dirimu ga ol Ym yah, dah terima invite inna belum?

    ReplyDelete
  5. bagi-bagi cerita dunk, soal desa-desa di Iran, sekalian fotonya .... :)

    ReplyDelete
  6. Iya, nam tempatnya lucu, Batu Sapi.
    CAri tahu ga mba kenapa namanya Batu Sapi?
    Jadi penasaran...

    ReplyDelete
  7. iyah ... soalnya dah over-loaded nih di kantor ... :)

    ReplyDelete
  8. hehehe, yah ... enggak sempet tanya tuh bunda kenapa namanya batu sapi ...

    ReplyDelete
  9. yipii... asyik yah .. lumayan buat refeshing yah.... usul donk Pa Rusli ON AIR di Kantor jg donk...

    ReplyDelete
  10. senengnyah jalan-jalan, oleh-oleh mana mba? hehehe

    ReplyDelete
  11. pegel-pegel nih, pijitin dong ...

    ReplyDelete
  12. suruh si onta ajah nooh, lebih mantep hohoho

    ReplyDelete
  13. lah pan udah ada kite mbak :D apa masih kurang asoy suranye hehehe...

    ReplyDelete
  14. gue sebenernya seneng banget denger loe nyanyi dit, tapi gue lebih seneng lagi kalo diem ajah ... hhahahaha ....

    ReplyDelete